6 Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Sedulur harus melakukan taktik dalam hal ini untuk melakukan cara mengatasi anak susah makan. Ibu Super mungkin merasa kesal bahkan hingga marah menghadapi anak yang susah makan atau malah bercanda saat makan. Namun jangan mulai untuk memarahi anak, karena anak akan menjadi trauma dan justru menganggap bahwa waktu makan adalah waktu di mana mereka dimarahi. Bukannya melakukan cara mengatasi anak susah makan, efek yang didapatkan justru sebaliknya. Untuk membantu mengatasi bayi susah makan, Mama juga bisa menggunakan peralatan makan yang menarik perhatian si Kecil. Well, tidak perlu bingung untuk melakukan pengadaan peralatan tersebut, karena kini Mama bisa menemukan semuanya di mamasewa.com.

Bagaimana cara untuk mengatasi anak yang susah makan

Cara mengatasi anak susah makan yang ketiga adalah dengan jangan menjadwalkan waktu makan terlalu dekat dengan waktu tidur. Hal ini dapat membuat anak yang mengantuk dan gelisah menjadi sulit untuk duduk diam dan makan. Jadi, jangan menjadwalkan waktu makan terlalu dekat dengan waktu tidur atau terlalu cepat sebelum atau sesudah suatu aktivitas. Anda dapat mengizinkan mereka untuk makan makanan tertentu yang mereka sukai dan menyisihkan apa yang tidak mereka suka.

Sebagai contoh, bila si kecil suka melihat film anak-anak dari pill Anda, tentukan kapan dan berapa lama waktu penggunaan tablet tersebut. Jangan mudah terenyuh kalau ia merajuk, bahkan kalau ia menangis sekalipun. Perilaku menakutkan bundanya bisa menimbulkan perasaan tertekan pada si anak. Alhasil, ia akan membenci waktu bersantap serta akan menghindarinya dengan cara tutup mulut.

Perlu diingat kalau anak yang berumur 1 tahun masih memiliki perut yang kecil. Jadi Moms harus mengetahui terlebih dahulu takaran porsi dan ukuran makanannya. Hindari segala jenis gangguan yang dapat mengalihkan perhatian anak dari makan seperti menonton televisi, permainan, ponsel, mainan, buku, atau keramaian.

Misalkan, kamu mengajak anak untuk duduk bersama di meja makan dan berikanlah makanan yang sama dengan anggota keluarga lainnya. Sekali-kali, ajaklah anak untuk berbelanja bahan-bahan dan biarkan mereka memilih makanan yang diinginkan. Sebab, dengan memiliki alat makan yang terdapat karakter favorite atau warna yang digemari, anak bisa menjadi lebih bersemangat ketika sudah waktunya makan.

Jangan lupa juga untuk mencampurkan makanan favourite mereka dengan jenis makanan lainnya, agar asupan nutrisi tetap terjaga dan lebih beragam. Setelah itu, coba tawarkan alternatif lain yang sekiranya lebih mereka sukai. Biasanya, cara mengatasi agar anak tidak susah makan juga perlu disesuaikan dengan karakteristik dari sang anak itu sendiri. Ajak si kecil memilih sendiri peralatan makannya sehari-hari, mulai dari sendok, garpu, piring, mangkuk, hingga gelas. Dengan memiliki alat makan bergambar karakter favorit atau berwarna cerah sesuai kesukaannya, si kecil bisa menjadi lebih bersemangat menyambut momen makan. Ketika si kecil terus menolak melahap makanan yang Mam hidangkan, suasana bisa berubah menjadi menegangkan.

Cara mengatasi anak susah makan selanjutnya yang perlu Anda coba adalah dengan memberikan makanan yang sama beberapa kali. Anak mungkin tidak suka jenis makanan tertentu saat pertama kali. Namun, bisa saja anak menyukainya di kesempatan kedua atau kesempatan yang lain. Memberikan contoh makan termasuk cara mengatasi anak susah makan usia 1 tahun. Pada usia ini anak memang lebih suka banyak meniru orang tua.

Yuk, terus semangat mencoba cara mengatasi anak susah makan sampai Ibu menemukan yang paling sesuai untuk anak. Namun dengan langkah kecil yang anda lakukan setiap hari, dapat mendorong kebiasaan makan yang sehat untuk seumur hidup sang buah hati. Bagaimanapun, kesabaran, perhatian, dan kreativitas, mutlak diperlukan orang tua agar anak tumbuh sehat sesuai harapan.

Jika anak menolak makanan yang Ibu sajikan, sebaiknya Ibu jangan memaksanya dan jangan putus asa ya, Bu. Penelitian menyebutkan bahwa terkadang anak butuh mencoba sebuah makanan sebanyak eleven kali sebelum ia kemudian menyukainya. Selain itu, coba untuk menyajikan makanan baru bersamaan dengan makanan yang anak suka atau yang sudah biasa ia makan. Masalah mengatasi anak susah makan ini bisa diselesaikan sendiri oleh orangtua, kok. ASI adalah terbaik bagi buah hati, SGM sangat mendukung pemberian ASI.