6 Cara Mengatasi Anak Susah Makan Usia 1 Tahun, Jangan Menghukumnya

Pada usia ini anak anak telah lepas dari Asi dan mulai diperkenalkan dengan berbagai jenis makanan dan minuman dan camilan padat. Anak anak cenderung untuk lebih mengkonsumsi hanya makanan yang mereka sukai. Sehingga, terkadang jika disuguhi makanan yang tidak srek dengan keinginan mereka cenderung ditolak.

Meski memang terkadang ia terlihat tetap aktif, namun tentu ini akan mengganggu tumbuh kembangnya. Maka dari itu, bayi susah makan perlu disikapi dengan bijak, agar ia kembali memiliki nafsu makan yang tinggi demi tumbuh kembang yang optimal. Pada usia empat sampai lima tahun, anak dikelompokkan sebagai konsumen aktif. Pada usia ini, kemampuan motorik anak sudah berkembang dengan baik. Anak sudah mulai terampil menggunakan berbagai peralatan makan, seperti sendok, garpu, dan pisau untuk mengoles selai pada roti tawar. Anak senang makan bersama keluarga di meja makan, dan sebaiknya orang tua jangan terlalu banyak melarang.

Gerakan Tutup Mulut Serapat-rapatnya Alias GTMIni biasanya dilakukan dengan memalingkan wajah, menghempaskan sendok, atau mulut ditutup rapat-rapat. Ini biasanya terjadi saat makan si Kecil sudah mengantuk, demam, dan tumbuh gigi. Selain itu, Bunda juga bisa mengubah cara memasaknya untuk menghasilkan menu yang berbeda. Walaupun menu tersebut adalah menu yang Bunda benci, seperti sayuran.

Untuk mendukung suasana hati anak agar mau makan, bangunlah atmosfer yang menyenangkan. Ajak anak anda terutama ynag balita untuk selalu berkomunikasi. Komunikasi itu bisa menghindari dari suasana jenuh ketika memakan makanan. Anak yang dilibatkan ketika menata menu makanan untuknya bisa menyebabkan dirinya bersemangat untuk memakan makanannya. Hal itu dikarenakan anak lebih senang dengan hasil jerih payahnya sendiri dan anak pun akan menghargai jerih payahnya sendiri. Zat gizi yang harus masuk dalam tubuh si kecil menjadi berkurang, karena si kecil tidak doyan makan.

Bagaimana cara untuk mengatasi anak yang susah makan

Anda dapat mencoba untukmenyajikan makanan lain yang bergizi bersamaan/digabungkan dengan makanan yang hanya disukai oleh anak Anda. Jika anak Anda tetap menolak,coba dalam porsi kecil atau sedikit terlebih dahulu. Dengan menerapkan strategi ini, dalam waktu singkat anak Anda akan mau mencoba makanan yang baru dan memiliki food plan yang bervariasi. Itu tadi beberapa cara mengatasi anak susah makan berdasarkan berbagai penyebab. Mulai dari yang disebabkan oleh kesehatan, efek pertumbuhan, sampai perangkat digital.

Solusinya adalah menjadikan saat makan adalah waktu yang menyenangkan. Hindari cara mengancam, menghukum, atau menakut-nakuti anak agar mau makan lebih banyak. Justru ini malah akan membuat anak merasa bahwa saat makan merupakan saat yang tidak menyenangkan dan yang lebih berbahya dapat menimbulkan trauma psikologis. Setelah membuat banyak pilihan menu, sajikan juga dengan tampilan menarik.

Perubahan tekstur makanan dari cair ke lebih padat akan perlu beberapa waktu untuk membuatnya terbiasa. Penyebab umum konstipasi adalah menu makan yang kurang memuat cukup air dan serat. Keduanya berperan penting untuk membantu otot usus besar bergerak mendorong feses ke rektum. Anak yang lebih banyak mengonsumsi karbohidrat dan protein lebih berpotensi mengalami sembelit.

Cara mengatasi anak susah makan usia 1 tahun ini tidak semena-mena. Orang tua juga harus mengenali terlebih dahulu permasalahan yang menyebabkan anak tidak nafsu makan. Salah satu kesalahan yang sering dilakukan orang tua adalah menghukum/memarahi anak ketika mereka tidak mau makan.

ASI adalah terbaik bagi buah hati, Bebeclub sangat mendukung pemberian ASI. Saat Anda menyusui, harap memperhatikan asupan nutrisi yang sehat dan seimbang. Penggunaan susu formulation harus sesuai dengan petunjuk dan dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter. Bayi Ibu pun pasti tertarik dan sulit menolak makanan yang disajikan dalam berbagai bentuk menarik di piring. Hal ini sangat tidak dianjurkan untuk mengatasi anak yang susah makan ya, Moms.