Menteri Nadiem Ungkap Kendala Pembelajaran Jarak Jauh

Permasalahan seperti inilah yang harus menjadi fokus pemerintah dalam negeri. Selain itu, whole guru meningkat secara signifikan, yaitu 382 persen atau 3 juta lebih pada sekitar tahun 1999 hingga 2000. Jumlah ini tidak sebanding dengan jumlah peserta didik yang berkisar 17 persen saja. Ditilik dari jumlah guru sebanyak itu pun, masih ada 52 persen guru yang belum mempunyai sertifikat profesi dan 25 persen yang belum memenuhi kualifikasi akademik. Ketika membahas seputar dana, bukan hanya biaya pendidikan di lembaga formal maupun casual.

Terlebih lagi pada masa pandemi Covid-19 ini juga berdampak besar bagi sendi-sendi kehidupan termasuk ekonomi. Bayangkan saja keluarga yang terkena PHK, tentunya akan merasakan kesulitan ekonomi. Ditambah lagi anak-anaknya yang sekolah harus mengikuti pembelajaran daring dengan biaya pembelian kuota cukup mahal.

Perhitungan jam tugas tambahan dapat diakumulasikan tapi harus saling ekuivalen, dan akumulasinya tidak boleh lebih dari 6 J. Oleh karena itu guru yang mendapat tugas tambahan, paling sedikit melaksanakan pembelajaran tatap muka 18 J. Jika kurang dari 18 J, tapi tidak boleh kurang dari 12 J, maka ybs harus ditugaskan mengajar ke satuan pendidikan lain yg sezona , dengan penetapan oleh Dinas Pendidikan. Sebenarnya hal ini tidak perlu dihebohkan karena peraturan tersebut berlaku untuk seluruh PNS sejak dahulu kala.

Abduh, salah satu peserta KKN di Desa Trirejo, Purworejo, merasa tidak puas karena tidak bertemu langsung dengan masyarakat. Mahasiswa asal Fakultas Filsafat tersebut mengeluh kesulitan dalam menjaring dan menyampaikan aspirasi antara mahasiswa dan masyarakat. Selain itu, menurut Rifa, pendistribusian hasil KKN daring ini tidak optimal. Hasil program kerja yang mereka buat hanya berupa rencana, dan memanfaatkan laman internet sebagai media agar masyarakat dapat melihatnya. Namun, mereka menyadari program kerja yang mereka buat tidak dapat secara langsung dilakukan oleh masyarakat.

Ia menjadi pembimbing pada dua periode KKN yaitu periode 1 dan periode 6 di Kecamatan Kokap, Kulonprogo. Pada periode 1 yang dilaksanakan bulan Maret hingga April lalu, Galuh mengatakan terdapat perubahan teknis KKN. Sebelumnya kegiatan KKN dilakukan secara tatap muka, namun di hari ke-7, KKN harus dilakukan secara daring karena mewabahnya COVID-19 di Indonesia. Tidak hanya pelaksana program KKN daring, keluhan juga muncul dari kalangan masyarakat sasaran program KKN daring.

Menurut knowledge terakhir, Kementerian Kesehatan yang dihimpun Rabu (31/3), sudah 550 ribu guru dan tenaga pendidik yang telah divaksinasi. “Presiden sudah berkomitmen agar semua guru, dosen dan tenaga kependidikan kita selesai divaksinasi akhir Juni hingga Juli tahun ini,” terang Nadiem Makarim. Dari sisi kesiapan sudah banyak hal yang dilakukan pemerintah untuk mengakselerasi kesiapan PTM secara menyeluruh. Pertama akselerasi vaksin yang diprioritaskan kepada guru dan tenaga kependidikan. “Saya mengajak kita semua untuk segera memasuki babak baru setelah satu tahun berjuang bersama melewati masa pembelajaran yang sulit karena pandemi. Timlo.internet — Pemerintah telah mengeluarkan Surat Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Dalam Negeri, Menteri Kesehatan, dan Menteri Agama tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19.

Dan di Indonesia masih belum ada indikasi bahwa Indonesia akan lebih memperhatikan dan mensejahterakan para pekerja dan lebih memanusiawi kan pekerja di ranah industrialisasi khususnya kepada pekerja yang tidak memiliki jabatan yang tinggi. Hal tersebut yang harus di perhatikan oleh perusahaan-perusahaan Indonesia saat ini mengingat industrialisasi merupakan salah satu faktor prnting pembangunan sebuah negara. Beberapa kendala yang timbul dalam pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di antaranya kesulitan guru dalam mengelola PJJ dan masih terfokus dalam penuntasan kurikulum. Sementara itu, tidak semua orang tua mampu mendampingi anak-anak belajar di rumah dengan optimal karena harus bekerja ataupun kemampuan sebagai pendamping belajar anak. Mendikbud mengatakan kondisi Pandemi COVID-19 tidak memungkinkan kegiatan belajar mengajar berlangsung secara normal. Terdapat ratusan ribu sekolah ditutup untuk mencegah penyebaran, sekitar sixty eight juta siswa melakukan kegiatan belajar dari rumah, dan sekitar empat juta guru melakukan kegiatan mengajar jarak jauh.

Tidak ada hambatan bekerja bagi pelajar

yang produktif, diperlukan komunikasi dan kerjasama yang baik dari seluruh pihak, khususnya atasan dan bawahan, agar dapat meminimalisir faktor-faktor kendala yang mungkin terjadi. Menentukan sumber daya peralatan yang dimiliki oleh pegawai, apakah pegawai mempunyai peralatan untuk bekerja di rumah, seperti laptop, dan apakah sambungan internetnya lancar, dsb. Dengan aplikasi Nadine yang berbasis VPN Kementerian Keuangan, knowledge-knowledge pekerjaan yang dikirim mendapatkan proteksi keamanan yang baik, karena saluran yang digunakan merupakan saluran aman, tidak berada dalam jaringan publik. Lini pertahanan ketiga adalah auditor , yang bertugas untuk melakukan pemantauan pengendalian intern dengan waktu dan cakupan kegiatan lebih longgar dari yang dilakukan oleh UKI. Manajemen operasional merupakan lini pertahanan pertama yang bertanggung jawab penuh untuk menjalankan seluruh kebijakan organisasi dengan menjalankan pengendalian intern secara terus menerus dalam seluruh tahapan kegiatan.

Sementara itu, terkait kurangnya ketersediaan jaringan, listrik dan sarana pendukung lainnya, yang meliputi ketersediaan komputer, laptop dan infokus menjadi kendala kurangnya perlengkapan . Sebenarnya masalah jaringan bisa dimasukkan dalam kategori kurangnya dukungan dari manajemen sekolah. Sekolah harusnya menyediakan anggaran untuk mengadakan fasilitas internet di sekolah. Bila dikaitkan dengan program gerakan literasi sekolah, indikator bahwa sekolah sudah menjalankan program literasi digital adalah tersedianya fasilitas internet di sekolah.

Atau sebelum kelas daring pagi misalnya, harus mandi dulu, sarapan dulu, sehingga fokus tersebut terbangun karena aturan yang kita berlakukan. “Menurut saya hal ini terjadi karena adanya perubahan kebiasaan yang terjadi pada mahasiswa. Saat ini pemerintah Republik Indonesia menginstruksikan untuk melakukan gerakan kerja dari rumah atau Work from Home yang mengharuskan masyarakat untuk bekerja secara distant dari rumah mereka masing-masing dengan tujuan untuk memustus rantai penyebaran virus corona ini. Banyak masyarakat yang menanggapinya dengan baik, ada juga masyarakat yang tidak menanggapinya dengan baik. Weekdays dihabiskan dengan kerja dan kuliah, bahkan weekend sekalipun sebagian dari kamu mungkin masih tetap bekerja atau kuliah.