Cara Mengatasi Berbagai Kendala Masuk Ke Jurusan Kuliah Incaran

Beberapa jurusan bahkan dikonsep khusus untuk on-line dan dapat diikuti mahasiswa dari universitas mitra di luar negeri. Sejak diberlakukan program bachelor dan master, pada prinsipnya hanya harus memilih satu jurusan. Beberapa universitas menawarkan kombinasi jurusan yang saling melengkapi dari segi tematik atau tuntutan pasar ekonomi. Informasi lebih lengkap mengenai jurusan baru dapat ditemukan di situs internet

Pola asuh permisif membuat hubungan anak-anak dengan orang tua penuh dengan kasih sayang, tapi menjadikan anak agresif dan suka menuruti kata hatinya. Secara lebih luas, kelemahan orang tua dan tidak konsistennya disiplin yang diterapkan membuat anak-anak tidak terkendali, tidak patuh, dan akan bertingkah laku agresif di luar lingkungan keluarga. Kurangnya kendali orang tua dan pemberian hukuman pada anak dapat mendorong seorang anak untuk terlibat dan melanjutkan perilaku tertentu, seperti kriminalitas. Pendidikan disiplin seperti itu akan membuat remaja menjadi seorang penakut, tidak ramah dengan orang lain, dan membenci orang yang memberi hukuman, kehilangan spontanitas serta inisiatif dan pada akhirnya melampiaskan amarahnya dalam bentuk agresi kepada orang lain.

Misalnya, jika peraturan sekolah dan ruang kelas dibuat tanpa konsultasi para siswa, siswa tidak akan mungkin melihat logika peraturan ini dan cenderung melanggar mereka untuk memamerkan kekuatan mereka. Selain itu, pengalaman saat diberi tanggung jawab untuk mengurus administrasi keuangan sekolah, seperti gaji, dana sosial, dan keuangan Program Indonesia Pintar juga menjadi tantangan tersendiri. Waktu itu saya mengalami ketakutan yang berlebihan dalam mengatur waktu antara mengerjakan tugas administrasi dan tugas utama saya sebagai guru kelas 2.

Tidak ada hambatan bekerja bagi pelajar

Adapun siswa tunanetra memiliki kendala yang berbeda saat melaksanakan kegiatan belajar dari rumah. Musababnya, hasil tugas dikumpulkan dalam bentuk exhausting copy dan dipindai. “Mereka harus datang ke tempat bimbingan belajar sekadar mencetak tugas, memindainya, lalu pulang,” kata Sofyan Sukmana, Guru Komputer dari Bimbingan Belajar Lentera Inklusif.

Hal ini mengharuskan mahasiswa untuk beradaptasi menghadapi kebiasaan baru yang mungkin dapat menimbulkan stres. Melihat sebaran virus corona, organisasi kesehatan dunia WHO telah mendeklarasikan bahwa Covid-19 sebagai pandemi global. Sebagai upaya penghentian laju penyebaran virus, banyak negara yang menerapkan lockdown untuk menghentikan segala aktivitas keluar maupun yang akan masuk kedalam negeri. Di Indonesia sendiri, meskipun tidak sepenuhnya menerapkan lockdown, namun banyak daerah yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar di wilayahnya masing-masing. Masyarakat diminta untuk berdiam diri di rumah dan mengurangi kegiatan diluar rumah. Sebelum menyusun program kegiatan perbaikan ini, guru harus menentukan tujuan, materi, metode, alokasi waktu, dan evaluasi pengajaran remedial yang akan dilaksanakan.

Perkembangan serta kemajuan ilmu pengetahuan teknologi informasi dan komunikasi, telah mendorong hubungan sosial dan saling ketergantungan antarbangsa, antarnegara dan antar manusia semakin besar. Globalisasi yang didominasi oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi, telah merubah pola hubungan antar bangsa dalam berbagai aspek dan menjadikan globalisasi sebagai fenomena yang bersifat multidimensi. Negara seolah tanpa batas , saling tergantung dan saling terhubung antara satu negara dengan negara lainnya. Sementara itu, dominasi negara-negara maju terhadap negara-negara berkembang semakin menguat melalui konsep pasar bebas dalam lingkup world maupun regional. Di tengah kuatnya arus globalisasi yang ditandai dengan persaingan global, saat ini tidak ada satupun negara di dunia yang mampu berdiri sendiri. Saling ketergantungan dan saling keterhubungan merupakan hal yang sulit untuk dihindari.

Kedua cerita di atas mungkin hanya mewakili sedikit saja kisah, tentang keterbatasan bagi pelajar Indonesia untuk mengikuti instruksi pemerintah bersekolah daring. Nadiem menambahkan Kemendikbud siap untuk mendukung implementasi penundaan Ujian Nasional jika diperlukan. Hal itu demi memastikan keamanan dan keselamatan semua warga sekolah.